Rabu, 13 Oktober 2010

Mengatasi BT Belajar di Kelas

     Pernah nggak sih mengalami BT saat belajar di kelas?. Misalnya, saat guru menerangkan di depan kelas sementara murid yang duduk di depan tampak mengantuk, yang duduk di tengah tampak bersandar di bangku dengan wajah nggak semangat. Sementara yang duduk di belakang malah sudah tertidur pulas sambil wajahnya ditutup dengan buku. waaah, pokoke BT abis dech!!!!!!!!
     Hal diatas tentu beragam penyebabnya, entah karena cara mengajar gurunya yang tidak menarik atau mata pelajarannya yang tidak disukai oleh kebanyakan murid. Gimana kita bisa mendapatkan ilmu jika saat belajarnya saja kita sudah merasa BT. Proses menuntut ilmu juga bisa terganggu kan????? nah, untuk mengatasi hal tersebut kita perlu:
1. Mencuci muka atau wudhu sebelum pelajaran dimulai sangat berguna agar wajah terasa fresh dan tidak mengantuk.
2. Berdo'a sebelum belajar
3. Mengunyah permen karet, selain untuk senam muka yang bisa mengusir kantuk, menurut penelitian juga bisa membuat otak kita menjadi tambah cerdas lhooo!!!!
4. Mengetahui terlebih dahulu materi yang akan diterangkan guru dengan membaca buku panduan secara garis besarnya saja.
5. Siapakan pertanyaan
6. Ajukan pertanyaan dengan suara yang cukup keras hingga terdengar oleh seluruh murid. Nah, murid yang ngantuk jadi melek, yang tertidur jadi terbangun dan yang cuek mau tak mau jadi memperhatikan.
7. Bila cara mengajar guru tidak menarik dan cenderung membosankan, berilah kritik dan saran tersebut tentunya disampaikan dengan cara yang etis, sopan dan tidak terkesan menggurui, hal ini bisa terlebih dahulu didiskusikan dengan murid-murid yang lain.
8. Silatirahim dengan guru untuk menambah keakraban.
             (artikel Annida)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar