Jumat, 28 Oktober 2011

Hemat Energi Pada Berbagai Peralatan Listrik


Air Conditioner (AC)
Manfaatkan fitur night set back atau economy mode saat tidur. Fitur ini akan meringankan kerja AC secara perlahan tanpa mengurangi kenyamanan dan lebih hemat listrik.
            Bisa juga dengan mengatur operasi AC, dan AC akan berhenti bekerja pada waktu yang telah diatur dimana suhu kamar pun sudah cukup dingin untuk memberi kenyamanan saat tidur.
            Atur temperature AC agar tidak terlalu dingin. Hal ini akan mengurangi pemakaian listrik karena AC menjadi lebih ringan. Aturlah fan operaton mode pada setting auto. Dengan demikian, jika suhu yang diinginkan sudah tercapai, maka secara otomatis akan mengurangi kerja fan. Jika diatur pada posisi high, akan menyebabkan AC bekerja dengan kecepatan tinggi sepanjang waktu.
            Pastikan instalasi AC dalam posisi benar dan baik. Pasalnya, kesalahan instalasi dapat menyebabkan pemborosan energy dan kerja AC menjadi maksimal. AC dicuci minimal 3 bulan sekali agar tidak bau dan mengurangi terjadinya korosi. Apabila korosi terjadi dibagian evaporator, maka proses pendingina tidak berjalan sempurna dan ujung-ujungnya akan membutuhkan energy yang lebih banyak sehingga semakin boros.
Microwave
            Gun akan semacam stabilizer untuk proses on dan off dari pada menghubungkan serta mencabut kabel secara langsung. Hal tersebut berpengaruh langsung pada kondisi microwave, dimana berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, apabila menggunakan stabilizer akan menjadikan microwave lebih tahan lama.
Kulkas
            Hindari membuka-tutup lemari es terlalu sering agar udara dingin tidak keluar. Jika udara dingin keluar, kompresor akan bekerja keras lagi untuk menghasilkan suhu yang diinginkan dan hal ini membutuhkan energy yang juga besar. 
            Jangan mengisi lemari es terlalu banyak, karena akan menghambat proses pendinginan. Kompresor pun perlu bekerja keras untuk mendapatkan suhu normal.


Lampu
       Matikan lampu saat tidak digunakan. gunakan pula lampu hemat energi.


Kabel listrik
       Jika lama tidak dipakai, cabut kabel listrik dari saklar. walaupun perangkat sudah dimatikan, jika kabel masih tersambung maka akan terus dalam kondisi stand by, sehingga sama halnya dengan mengkonsumsi listrik. Hal ini berlaku untuk perangkat TV, Microwave, blender, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar